Instalasi Farmasi

Pelayanan kefarmasian di RSUP Dr. M. Djamil merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit. Sesuai tuntutan undang – undang, Instalasi Farmasi bertanggung jawab kepada pelayanan pasien yang berkaitan dengan penyediaan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien.
Tuntutan pasien dan masyarakat akan mutu pelayanan farmasi, mengharuskan adanya perubahan pelayanan dari paradigma lama (drug oriented) ke paradigma baru (patient oriented) dengan filosofi “Pharmaceutical Care” (pelayanan kefarmasian). Praktek pelayanan kefarmasian merupakan kegiatan yang terpadu dengan tujuan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan menyelesaikan masalah obat serta masalah yang berhubungan dengan kesehatan.
Berangkat dari hal tersebut, Instalasi Farmasi RSUP Dr. M. Djamil yang didukung oleh 147 orang SDM berkualitas (baik dari segi pendidikan maupun pelatihan yang terus menerus diperbaharui sesuai tuntutan kebutuhan), berupaya mewujudkan pelayanan farmasi yang sesuai standar, bermutu, dan aman didukung oleh kegiatan unggulan antara lain:

  • Peracikan Obat Kemoterapi dengan SDM terlatih, ruang peracikan terstandarisasi, serta Standar Prosedur yang memenuhi kualifikasi mutu
  • Penyiapan Nutrisi Parenteral
  • Pencampuran obat suntik
  • Pelayanan Farmasi Klinik Rawat Inap dan Rawat Jalan, termasuk konseling obat pasien. Ingat Obat, Ingat Apoteker.
  • Pengelolaan Sediaan Farmasi untuk menjamin distribusi sampai ke pasien bermutu, aman, dan berkhasiat dengan 1 Pusat Logistik Farmasi dan 17 Depo Farmasi

Dengan visi menjadi Instalasi Pelayanan Utama yang Profesional dan Terpercaya, kami yakin keselamatan pasien dan kepercayaan anda selalu menjadi tujuan kami.

Fasilitas Pelayanan

Biological Safety Cabinet

Dispensing Sediaan Steril