RSUP Dr. M. Djamil Siap Jadi Trendsetter Komunikasi Kesehatan

Workshop Konten Media Sosial dan Branding yang diadakan RSUP Dr. M. Djamil bersama Biro Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Auditorium Lantai IV Gedung Administrasi dan Instalasi Rawat Jalan berakhir, Rabu (15/10). Selama dua hari, seluruh peserta workshop yang terdiri dari berbagai elemen di RSUP Dr. M. Djamil, mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan praktis tentang manajemen media sosial yang efektif serta produksi konten video.

Direktur Utama RSUP Dr. M. Djamil, Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG, KFM, MARS, FISQua saat penutupan menyampaikan  peningkatan kemampuan dalam mengelola media sosial bukan sekadar tren, melainkan sebuah kebutuhan esensial bagi institusi kesehatan.

“Kemampuan kita dalam membangun citra merek dan menyajikan konten edukasi yang menarik dan mudah diakses di media sosial adalah cerminan dari komitmen kita untuk menjadi rumah sakit rujukan yang terbuka dan informatif,” ujar Dovy Djanas. Turut hadir jajaran direksi dan manajemen RSUP Dr. M. Djamil.

Ia menambahkan media sosial merupakan platform untuk menjangkau masyarakat secara luas, memberikan edukasi kesehatan yang akurat, serta mempromosikan layanan unggulan RSUP Dr. M. Djamil kepada publik nasional dan regional.

“Kami berharap hasil praktik dan pengetahuan yang didapat selama workshop dapat segera diimplementasikan. Tujuannya adalah agar RSUP Dr. M. Djamil dapat menjadi trendsetter dalam komunikasi publik kesehatan dan berperan aktif mendukung program prioritas Kementerian Kesehatan RI melalui konten-konten digital yang berkualitas,” harapnya.

Sesi paling menarik disajikan oleh edukator kesehatan sekaligus social media influencer ternama, dr. Alvin Saputra. Ia memaparkan serangkaian materi vital mulai dari cara membangun identitas merek (build your brand identity), proses kreasi konten (content creating), teknik dasar penyuntingan video sederhana (simple video editing), strategi content branding, hingga langkah-langkah evaluasi konten media sosial. Seluruh peserta mendapatkan pemahaman tentang manajemen media sosial dan teknik produksi konten video yang efektif dan sesuai dengan berbagai platform media sosial saat ini.

Sementara itu, narasumber dari Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenkes RI. Nani Indriana, S.KM, MKM, dan Daniel Obertondino Simajuntak, S.I.Kom, menyajikan materi strategis terkait copywriting strategy on carousel post, ekspektasi dan standar publikasi dari Kementerian Kesehatan. Serta bagaimana membangun konten kolaborasi yang sinergis dengan program-program Kemenkes.

Bagian paling dinantikan dan menjadi inti dari kegiatan ini adalah sesi praktik dan evaluasi konten. Seluruh peserta dibagi menjadi 12 kelompok, yang masing-masing ditantang untuk memproduksi konten media sosial, khususnya dalam format video, secara mandiri.

Fokus utama dari konten-konten yang diproduksi adalah untuk menampilkan berbagai layanan unggulan yang dimiliki oleh RSUP Dr. M. Djamil. Beberapa layanan yang berhasil diangkat menjadi tema konten praktik antara lain transplantasi ginjal, stem cell, layanan Derma Djamil, ESWL dan ESWT, ablasi jantung, rehabilitasi jantung, klinik nyeri, brachyteraphy, kebidanan anak, Evla, hingga kedokteran nuklir.

Di akhir sesi evaluasi, dilakukan penyerahan hadiah bagi kelompok yang dinilai memproduksi konten terbaik, berdasarkan kreativitas, pesan yang tersampaikan, dan kualitas produksinya. Sesi ini diharapkan memicu semangat kompetisi positif dan mendorong peserta untuk segera mengaplikasikan keterampilan baru mereka.(*)

Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WeCreativez WhatsApp Support
Jam Layanan Informasi : Senin s/d Kamis jam 07.45 wib s/d 16.15 Istirahat jam 12.00 wib s/d 13.00 wib Jumat 07.45 wib s/d 16.45