RSUP DR M Djamil Gelar Gebyar Vaksinasi Covid-19

Dirut : Masyarakat bisa memilih, apakah mau disuntik dengan virus yang dilemahkan, atau bertarung dengan virus yang ganas dan dilakukan perawatan intensif

RSMJD — Dalam rangka percepatan vaksinasi covid-19, Direktur Utama RSUP Dr M Djamil Padang membuka secara resmi vaksinasi covid-19 bagi masyarakat umum di halaman Poliklinik Rawat Jalan RSUP Dr M Djamil Padang, Sabtu (3/7).Kegiatan bertajuk gebyar vaksin tersebut ditargetkan mampu memvaksin 2 ribu masyarakat setiap hari.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan kegiatan ini dihadiri oleh jajaran dewan direksi RSUP Dr M Djamil, turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Periode 2016-2020, Nasrul Abit yang juga di daulat sebagai duta vaksin lansia, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

“Insyaallah kegiatan ini (Vaksinasi untuk masyarakat) akan dilakukan setiap hari, kami menyediakan fasilitas layanan vaksin ini dalam rangka membantu percepatan pencapaian vaksinasi yang ditetapkan pemerintah” kata Dr dr Yusirwan SpB SpBA (K) MARS, Direktur Utama RSUP Dr M Djamil Padang dalam sambutannya membuka acara gebyar vaksin tersebut.

Dijelaskan Dirut, saat ini seluruh dunia menyepakati bahwa untuk menekan laju perkembangan dan pengendalian pandemi covid-19 di samping menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, maka vaksinasi bagi masyarakat adalah hal yang sangat penting. Karena hingga saat ini belum ada obat secara spesifik yang mampu memusnahkan covid-19.

“Kalau yang di sini (Pasien di rawat) adalah bagi yang bergejala dan bertarung dengan virus yang ganas. Masyarakat bisa tinggal memilih, apakah mau disuntik dengan virus yang dilemahkan, atau bertarung dengan virus yang ganas dan dilakukan perawatan intensif,” ungkapnya.

Untuk itu dikatakan Doktrer spesialis bedah anak tersebut, kegiatan gebyar vaksin untuk mayarakat umum ini adalah upaya percepatan untuk memusnahkan covid-19 yang saat ini semakin bervariasi.

Diungkapkannya, presiden sudah menenarketkan percepatan 1 juta vaksinasi setiap hari hal itu bukan tanpa alasan mengingat vaksin yang tersedia memiliki masa berlaku atau kadaluarsa.

“Jika tidak tercapai maka vaksinasi akan kembali di ulang di tahun berikutnya, dan tentu ini akan membuat keadaan kita semua tidak akan pernah lepas dari virus covid-19 ,”terang dr Yusirwan.

Atas dasar itulah pihaknya akan terus berupaya mendorong percepatan. Di samping gebyar vaksin, petugas kesehatan RSUP Dr M Djamil Padang nantinya juga akan disebar ke pelosok daerah di Sumbar ini untuk membantu percepatan vaksinasi.

“Berhubung adanya keterbatasan, kami (RSUP) mengajukan keikutsertaan dalam menyelenggarakan vaksinasi masal ini dan akan membawa dokter serta perawat kami ke daerah-daerah untuk membantu percepatan vaksinasi,” tuturnya.

Terkait proses vaksinasi, masyarakat datang dengan syarat membawa fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan melakukan rangkian proses vaksinasi yakni registrasi, skrining, penyuntikan vaksin, observasi dan menerima kartu vaksin.

Sementara itu, terkait proses vaksin bagi masyarakat yang telah diberikan beberapa waktu ini, dikatakan Dirut belum ada data pihaknya yang menemukan dampak fatal pasca vaksinasi.

“Alhamdulillah belum ada yang fatal, vaksin aman untuk komorbit, dan bahkan sekarang untuk anak usia 12 tahun sudah ditetapkan untuk divaksin,”pungkasnya dr Yusirwan sembari terus mengimbau dan mengajak masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Arry Yuswandi mengungkapkan saat ini di Sumbar sudah 52 ribu masyarakat yang terkomfirmasi positif covid-19 dari 5,4 juta penduduk Sumatera Barat.
Ïni artinya dari 100 orang penduduk Sumatera Barat 9 diantaranya terkonfirmasi positif covid-19,”ungkapnya.

Terkadap kondisi tersebut Kadinkes mengajak masyarakat untuk terus menerapkan prokes yang ketat dan melakukan vaksinasi, mengingat kondisi pandemi yang semakin meningkat.

“Catatan dan analisis kami (Dinkes) mayoritas yang terkonfimasi postif adalah yang belum divaksin, dan sangat sedikit yang sudah divaksin, ini artinya vaksin terbukti efektif mencegah penularan,”ujarnya.

Arry berkeyakinan, dengan upaya yang dilakukan RSUP M Djamil melakukan gebyar vaksin ini akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat di tengah perdebatan keamanan vaksin.

“Kegiatan yang diinisiasi oleh M Djamil, kami berkeyakinan akan meningkatkan animo masyarakat untuk mau divaksin.”tegasnya sembari menyambut baik kegiatan vaksin yang dilakukan M Djamil.

Tidak jauh berbeda, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr Feri Mulyani mengungkapkan gebyar vaksin di M Djamil sangat membantu pihaknya dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Sementara itu, Nasrul Abit , wakil Gubernur Sumbar periode 2016-2020 selaku duta vaksin lansia mengajak semua pihak untuk terus mematuhi prokes dan mengajak keluarga, kerabat serta lainnya untuk menyosialisaikan pelaksanaan pelayanan vaksinasi di RSUP Dr M Djamil Padang. (RSMDJ/Khairian)

Agenda dan Kegiatan, Berita, Informasi Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>