Menkes RI Kunjungi RSUP M Djamil, tinjau Pelaksanaan Vaksinasi dan Resmikan Masjid Asy Syfa

RSMDJ — Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU lakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M Djamil Padang, Jumat (9/4).

Dalam kunjungan kerjanya itu, Menkes meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi  lansia yang digelar di lapangan Poliklinik Rawat Jalan  rumah sakit. Tidak hanya itu usai pertemuan dengan jajaran Direksi, Menkes juga meresmikan Masjid Asy Syfa yang berada di komplek RSUP Dr. M Djamil Padang.

Dikatakan Menkes RI, pihaknya mengapresiasi RSUP Dr. M Djamil Padang yang sudah membantu menangani covid-19 dan vaksinasi selama ini. Ia berpesan agar vaksinasi untuk orang tua (Lansia) harus digencarkan lagi.”Saya tadi jalan lihat vaksinasi masih banyak orang muda, ditambah lagi orang tuanya,” kata Budi Gunadi.

Menkes juga meminta agar RSUP M Jamil bisa menjadi rujukan nasional hingga internaisonal. Bukan sebatas rujukan di Sumatera Barat saja. 

“Kemudian saya meminta kemampuan penelitian-penelitian medis dikembangkan,” ujar Menkes.

Menurutnya, pihak rumah sakit bisa bekerja sama dengan universitas, terutama Fakultas Kedokteran.Tujuannya agar dosen atau pengajar di Fakultas Kedokteran bisa melakukan penelitian di rumah sakit, sehingga terwujud pelayanan baru dan modern di rumah sakit.

Penelitian dikhususkan pada penyakit yang berkembang di daerah masing-masing, seperti rumah sakit otak di Bukittinggi yang dikhususkan untuk stroke.

“Sebagai rumah sakit vertikal milik pemerintah pusat, harus bisa mengampu semua rumah sakit lainnya, sebagai visi sosial,” pungkasnya.

Terkait pembangunan Masjid Asy Syfa, Menkes mengapresiasi langkah yang dilakukan manajemen RS, menurutnya sumbangan yang diberikan seluruh Karyawan/ti RSUP Dr. M. djamil untuk pembangun Masjid merupakan bentuk dari investasi Syurgawi.

“Kami mengapresiasi ini (Pembangunan Masjid), dan tentu ini menjadi contoh bagi rumah sakit- rumah sakit lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur RSUP Dr. M. Djamil Padang Dr. dr. Yusirwan SpB, SpBA (K) MARS merasakan kebahagiaan atas kunjungan Menkes RI dalam meninjau langsung pelaksanaan Vaksinasi dan juga sekaligus meresmikan Masjid Asy Syfa yang berada di komplek RSUP M. Djamil.

“Dengan ditandainya peresmian oleh Menkes, Masjid ini akan kita operasionalkan dan dapat melaksanakan pelaksanaan ibadah di malam bulan Ramadhan,” ujarnya.

Diakuinya, pembangunan Masjid tersebut merupakan dana yang dihimpun dari seluruh karyawan RSUP Dr. M. Djamil Padang dan juga sumbangan dari CSR.

Dalam kunjungan kali ini Menkes turut didampingi Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar. (RSMDJ/Khairyan)

Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>