Bimbingan Teknis Persiapan Akreditasi Rumah Sakit

Surveior : RSUP Dr M Djamil Memiliki Kekuatan dan Semangat Tinggi untuk Berbenah

RSMDJ — Civitas Hospitalia RSUP Dr M Djamil terus berbenah diri dan antusias untuk berjuang mempertahankan akreditasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan semangat mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Akreditasi yang diselenggarakan bersama Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS).

Kegiatan ini dilakasanakan selama tiga hari, Jumat (15/9), Selasa (19/9) dan Rabu (20/9) baik secara daring maupun lurung. Bimbingan teknis ini menghadirkan empat orang surveior yakni  dr. Andi Wahyuningsih Attas, SpAn, KIC, MARS, Dr Rita Rogayah, SpP (K). MARS, Dr. dr Andry, MM. M.HKes, dan Sugih Asih,SKp. M.Kep.

Kegiatan bimtek ini meliputi Pemeriksaan dokumen regulasi dan bukti implementasi dari 16 bab Akreditas sesuai dengan standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan RI. Tidak hanya pemeriksaan dokumen juga dilakukan telusur lapangan terhadap penerapan regulasi bab-bab akreditasi tersebut.

Pada kesempatan penutupan Bimtek, Rabu (20/9) di Aula Lantai IV, Direktur Utama RSUP Dr M Djamil, Dr. dr. Dovy Djanas SpOG -KFM, MARS menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan semua pihak yang telah mengikuti bimbingan teknis dengan penuh semangat dan antusis.

“Tentunya kami memberikan apresiasi kepada surveior LAM-KPRS yang telah meluang waktunya di tengah kesibukan yang ada dan kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas hospitalia yang selalu bersemangat untuk mengikuti bimtek ini,” ujarnya.

Dikatakannya, bimtek tersebut merupakan upaya yang dilakukan RSUP Dr M Djamil untuk persiapkan melaksanakan reakreditasi. Sesuai rencanan akreditasi Rumah Sakit akan diselenggarakan pada akhir tahun ini.

“Tentunya kita semua menyadari, pencapaian akreditasi ini bukan semata persoalan sertifikat yang didapatkan,tetapi bagaiman kita berjuang, meningkatkan, dan mempertahankan pelayanan yang bermutu demi keselamatan pasien,” cetus dr. Dovy.

Ia berharap, hal yang yang menjadi catatan-catatan penting selama Bimtek dapat dilakukan pembenahan dan perbaikan, sehingga dapat terwujudnya pelayanan kesehatan yang paripurna di RSUP Dr M Djamil.

“Tentunya kita ingin yang terbaik untuk pelayanan kesehatan ini dan kami yakin kami memiliki semangat yang tinggi dan mari kita berdoa bersama terhadap hal yang menjadi harapan kita bersama untuk segara dapat terwujud,” harapnya.

Sementara itu, dr. Andi Wahyuningsih Attas, SpAn, KIC, MARS selalui ketua tim surveior LAM-KPRS mengapresiasi semangat dan kekompakan yang ditunjukkan civitas hospitalia RSUP Dr M Djamil dalam mengikuti bimbingan teknis akreditasi. Menurutnya hal itu sebagai bentuk kekuatan untuk dapat mewujudkan pelayanan yang paripurna di RSUP Dr M Djamil.

“Kami melihat kekuatan itu ada di sini, apalagi dukungan penuh dari pimpinan sebagai bentuk komitmen untuk terus berbenah meningkatkan pelayanan kesehatan sangat tinggi,”ungkapnya.

Direktur Utama LAM KPRS tersebut juga mengakui bahwa tingkat kepercayaan Masyarakat kepada RSUP Dr M Djamil sangat tinggi  hal itu dibuktikan dengan wawancara langsung yang dilakukan surveior kepada sejumlah pasien dan pengunjung selama pelaksanaan  bimbingan teknis.

“Semangat dan kekuatan yang sudah dimiliki tentunya kami meminta bukan karena sertifikat semata, selama bimbingan ini tentunya banyak catatan dan pembenahan yang mesti dilakukan, hal itu semata untuk mengutamakan keselamatan pasien sebagai prioritas. Dan kami berharap sudah menjadi budaya utama dalam bekerja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pintanya.

Selama telusur dan penerapan regulasi, para surveior melakukan pengecekan standar pemeriksaan meliputi ringkas, rapi, resik, rawat, rajin, regulasi dan respek.

Adapun 16 bab yang menjadi fokus baik segara regulasi maupun implementasi yakni, Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP), Pengkajian Pasien (PP), Akses dan Kontinuitas Pelayanan (AKP), Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Program Nasional (Prognas), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Manajemen Rekam Medik dan Informasi Kesehatan (MRMIK).

Selanjutnya, bab Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB), Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO), Kualifikasi dan Pendidikan Staf (KPS), Komunikasi dan Edukasi (KE), Pendidikan dalam Pelayanan Kesehatan (PPK), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) dan bab Hak Pasien dan Keluarga (HPK). (RSMDJ/Khairian)

Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WeCreativez WhatsApp Support
Jam Layanan Informasi : Senin s/d Kamis jam 07.45 wib s/d 16.15 Istirahat jam 12.00 wib s/d 13.00 wib Jumat 07.45 wib s/d 16.45