Dirut RSUP Dr. M. Djamil: Cleaning Service Pejuang Kebersihan Rumah Sakit

RSUP Dr. M. Djamil melakukan pertemuan dengan PT Kuwera Jaya Nusantara, perusahaan yang bergerak pada bidang penyedia petugas kebersihan atau cleaning service. Pertemuan tersebut dilangsungkan di Auditorium Lantai IV Gedung Administrasi dan Instalasi Rawat Jalan, Kamis (2/1).

Dalam sambutannya, Direktur Utama RSUP Dr. M. Djamil Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG, KFM, MARS, FISQua mengatakan tahun 2025 diharapkan tahun yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Dengan harapan, manajemen PT Kuwera Jaya Nusantara bisa lebih memaksimalkan dan mengoptimalkan terhadap kebersihan rumah sakit yang mengacu pada standar yang tertuang di dalam kontrak kerja sama.

“Di setiap area di RSUP Dr. M. Djamil ini bisa kita pantau dan bisa kita monitor. Bahkan bisa dilaksanakan sesuai dengan tertuang dalam kontrak kerja sama,” ucap Dovy.

Pertemuan itu turut dihadiri Direktur Layanan Operasional drg. Ade Palupi Muchtar, MARS, Kepala Instalasi Kesehatan Lingkungan Esa Surya Praja, AMdKL, manajemen RSUP Dr. M. Djamil, manajemen PT Kuwera Jaya Nusantara dan cleaning service.

Ia meminta pihak penyedia PT Kuwera Jaya Nusantara harus memenuhi indikator-indikator tersebut. Dan penyedia bisa mengevaluasi walaupun itu alih daya. “Berkoordinasi dengan Instalasi Kesehatan Lingkungan, bagaimana kinerja dari cleaning service ini bisa memenuhi harapan sesuai dengan indikator yang tertuang di dalam kontrak,” tekannya.

Dokter spesialis Fetomaternal ini menegaskan kebersihan itu harga mati bagi rumah sakit ini. Karena selalu menjadi perhatian bagi pasien dan keluarga pasien. “Setiap apapun yang berhubungan dengan kebersihan, PT Kuwera Jaya Nusantara agar benar-benar melakukan monitoring dan evaluasi,” tutur Dovy.

Selain bertugas membersihkan arealnya, Dovy menekankan bagaimana cleaning service bersikap melayani dengan ramah, santun dan cekatan. “Setiap masuk ruangan pasien hendaknya berkomunikasi dengan baik kepada pasien atau keluarga,” ucapnya.

Ia mengatakan cleaning service tidak lagi bekerja dalam senyap. “Akan tetapi berikan performancenya melalui komunikasi efektif sebagai salah satu frontliner rumah sakit,” ucapnya.

Ditambahkan Direktur Layanan Operasional drg. Ade Palupi Muchtar, MARS, pertemuan ini dilakukan agar memiliki visi misi yang sama antara RSUP Dr. M. Djamil dengan PT Kuwera Jaya Nusantara. “Dengan harapan tentunya tidak ada yang sempurna. Tapi dalam hal ini dari penilaian yang telah didapatkan PT Kuwera Jaya Nusantara bisa dijadikan pembelajaran untuk tidak terulang lagi. Malah kami menginginkan ada inovasi-inovasi yang diberikan PT Kuwera Jaya Nusantara sehingga bisa memberikan warna terbaik bagaimana menciptakan ketertiban dan kebersihan lingkungan rumah sakit,” harapnya.

Ade juga berharap Instalasi Kesehatan Lingkungan lebih aktif mengambil peran untuk melakukan pembinaan. Termasuk memfasilitasi pembekalan layanan orientasi internal (LOI) bagi seluruh cleaning service yang akan bekerja di RSUP Dr. M. Djamil.

“Dari LOI itu, para cleaning service ini mendapatkan pembekalan berupa bantuan hidup dasar, pemahaman cara penggunaan APAR, dan penanganan tumpahan B3. Ini semua dilakukan demi kenyamanan dan tingkat kepercayaan pasien terhadap RSUP Dr. M. Djamil,” tukasnya.(*)

Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WeCreativez WhatsApp Support
Jam Layanan Informasi : Senin s/d Kamis jam 07.45 wib s/d 16.15 Istirahat jam 12.00 wib s/d 13.00 wib Jumat 07.45 wib s/d 16.45