Inovasi Data Penelitian, RSUP Dr M Djamil Padang Hadirkan Aplikasi BIGSTAR

BIGSTAR : Mudah, Valid dan Terpercaya

RSMDJ — Sebagai bentuk inovasi dan kemudahan bagi para peneliti mendapatkan data penelitian, RSUP Dr M Djamil yang diinisiasi Direktur SDM, Pendidikan dan Umum Dr dr Dovy Djanas SpOG (K) hadirkan aplikasi Big Data in Support of Analytical Reasearch yang kemudian di singkat menjadi Bigstar.

Sabtu (18/9) bertempat di Auditorium Gedung Administrasi dan Poliklinik Rawat Jalan RSUP Dr M Djamil digelar sosialisasi aplikasi Bigstar yang digelar secara luring dan daring.

Direktur Utama RSUP Dr M Djamil Padang Dr dr Yusirwan SpB, SpBA (K) MARS mengatakan salah satu satu peran dari M Djamil, di samping sebagai pemberi layanan Kesehatan kepada masyarakat juga berperan dalam mengemban Pendidikan di bidang Kesehatan.

“Djamil merupakan rumah sakit Pendidikan utama, tentunya unsur utama dari Pendidikan mampu mengekpresikan dalam bentuk tulisan, kombinasi keduanya tidaklah gampang karena disatu sisi menyangkut aspek publikasi, di sisi lain ada aspek kerahasian,”katanya dalam pembukaan kegiatan sosialisasi.

Untuk itu, agar dapat tetap menjaga kerahasian data maka dibuatlah aplikasi Bigstar, sehingga bagi para peneliti dapat mempercepat waktu mendapatkan data penelitian.

“Dengan adanya system ini (Bigstar),data ditarik langsung, memberikan kemudahan, untuk itu kita mendorong aplikasi ini terlaksana, kita dorong civitas hospitalia dan akademika untuk melakukan penelitian agar kedepannya Djamil dan FK menjadi center excellent,”terang dr Yusirwan yang juga mentor kehadiran aplikasi Bigstar tersebut.

Selbih lanjut dikatakan, pihaknya juga mendukung penuh ketersedian pengembangan riset yang berstandar internasional salah satunya dengan peningkatan sarana prasarana.

“Ini tekat kita bersama dan kerja bersama, hulunya adalah layanan yang diberikan dan diinput ke dalam aplikasi ini, sehingga dapat dimanfaatkan terutama dalam pengembangan ilmu Kesehatan,”pungkasnya sembari menyebut bahwa kehadiran Bigstar sebagai langkah M Djamil menjadikan RS berbasis riset sebagaimana amanat Menteri Kesehatan.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Dekan Fakultas Kedokteran Unand, Jajaran Direksi RSUP Dr M Djamil, Civitas Hospitalia, serta dalam jaringan Direktur dan Mahasiswa PT Kesehatan di Sumbar serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dekan FK Unand, Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA mengucapkan selamat kepada RSUP Dr M Djamil Padang yang telah menghadirkan sumber data penelitian yang disebut dengan Bigstar.

“Tujuan ini jelas adalah untuk memberikan kemudahan, tentu kami FK bagian yang akan mendapatkan manfaatnya dan itu sejalan dengan misi M Djamil menjadi pusat penelitian, kami jelas menyambut baik Bigstar ini,”ujarnya.

Ia menyebut, Bigstar sebagai lompatan besar bagi peneliti di dunia kesehatan, diakui dokter spesialis keolahragaan itu, untuk mengumpulkan data penelitian di rs sangat sulit, karena harus menyesuaikan data yang dibutuhkan dan mencari data satu persatu.

“Melakukan pencarian data dengan melihat rekam medis satu persatu tidak akan ada lagi, makanya adanya Bigstar kami sangat senang, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada RSUP Dr M Djamil,” ucapnya dengan penuh syukur.

Dr dr Dovy Djanas SpOG (K) selaku project leader mengatakan keunggulan Bigstar bagi para peneliti adalah kemudahan mendapatkan data dalam jumlah yang banyak.

“Data yang dibutuhkan tinggal di ekstrak dan di download, prosesnya cepat, sehingga tidak perlu dokumen medis sehingga memudahkan mendapatkan variable penelitian sesuai kebutuhan,”terangnya sembari menyebut jargon Bigstar adalah Mudah, Valid dan Terpecaya.

Terkait mekanisme penggunaan aplikasi  dan simulasi awal penggunaan aplikasi Bigstar dalam sosialisasi tersebut dipandu oleh dr . Ricvan Dana Nindrea SKM, M. Kes, FRSPH. Sementara itu untuk grand launching Bigstar akan digelar pada  Kamis (23/9). (RSMDJ/Khairian)

Agenda dan Kegiatan, Berita, Informasi Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>