Pentingnya Pengetahuan Dan Kesadaran Masyarakat Terhadap Penyakit Kanker

HumasRSMDJ — Tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day). Peringatan itu untuk mengingatkan seluruh masyarakta agar peduli terhadap penyakit yang masuk kategori mematikan tersebut.

Kemarin (4/2), Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) Sumbar bersama Dewan Direksi RSUP Dr. M. Djamil Padang dan Himpunan Perawat Onkologi Indonesia (Himponi) Sumbar gelar peringatan tersebut di ruangan Kemoterapi Bangsal Jantung RSUP Dr. M. Djamil.

Pasien yang menjalani perawatan di ruangan kemoterapi diberikan bingkisan makanan dan bunga sebagai bentuk kepedulian kepada meraka yang berjuang sembuh dari kanker.

“Peringatan ini sangat penting, mengingat saat ini penderita kanker terus meningkat dan ini tidak hanya menjadi masalah individu saja,” kata Ketua POI Sumbar, Dr. dr. Irza Wahid, SpPD-KHOM FINASIM.

Diungkapkannya, prevalensi kanker di Indonesia tahun 2013 adalah 1,4/1000 penduduk (Riskesdas 2018).  Masih tingginya angka kejadian serta angka kematian.  Hal itu tejadi karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran dalam rangka pencegahan  deteksi dini kanker.

“Dampaknya (Kurangnya pengetahuan dan kesadaran), terjadinya keterlambatan penanganan. Oleh sebab itu, peningkatan akses ke pusat pelayanan kanker yang baik juga sangat perlu mendapatkan perhatian,” pungkas dr. Irza sembari menyebutkan tema peringatan hari kanker sedunia tahun ini “I am, I Will”.

Ia berharap, gaungan peringatan hari kanker sedunia tidak hanya terhenti di tanggal 4 Februari, mengingat potensi bahaya dari kanker tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP Dr. M. Djamil Padang,  Dr. dr.  Yusirwan SpB, SpBA (K) MARS mengapresiai kegiatan yang dilaksanakan POI dan Himponi tersebut.

Ia berharap upaya edukasi dan preventif terhadap peyakit kanker ini terus digaungkan agar masyarakat terhindar dari penyakit yang mematikan tersebut. (Humas/Viz)

Berita

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WeCreativez WhatsApp Support
Team support djamil disini, silahkan ajukan pertanyaan anda.
Halo, Ada yang bisa dibantu ?