RSUP Dr M Djamil Raih Predikat “Sangat Baik” di Tingkat Nasional

Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan

RSMDJ — Betepatan dengan momentum hari jadi RSUP Dr M Djamil yang ke 69 pada 23 November 2022, RSUP Dr M Djamil Padang kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dengan meraih penghargaan bidang kesehatan lingkungan dengan predikat “Sangat Baik”.

Penghargaan tertingggi di lingkungan Kementerian Kesehatan RI itu diterima langsung oleh Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP Dr M Djamil Dr dr Dovy Djanas SpOG-KFM bersama jajaran Instalasi Kesehatan Lingkungan yang diserahkan oleh Wakil Menteri Kesehatan RI Prof dr Dante Saksono Harbuwono SpPD-KEMD Phd di Hotel Discovery Ancol Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (23/11).

“Penghargaan ini sebagai salah satu bentuk pembinaan dan advokasi dalam mendorong keberhasilan program karena dapat menstimulasi penyelenggaraan kesehatan lingkungan serta apresiasi terhadap kinerja pemerintah daerah, petugas kesehatan lingkungan, pelaku usaha, institusi dan tokoh masyarakat,” kata Wamenkes Prof dr Dante Saksono Harbuwono SpPD-KEMD Phd dalam sabutannya.

Pemberian penghargaan bidang kesehatan lingkungan menjadi agenda rutin Kementerian Kesehatan. Apalagi, lingkungan sehat adalah salah satu bentuk upaya preventif dan promotif pengendalian penyakit berbasis lingkungan.

“Dimana paradigma sehat harus diimplementasikan di segala lini seperti di tempat fasilitas umum (bandar udara, pelabuhan, terminal, rumah sakit dan restoran, kantin),” tutur dr Dante.

Kementerian Kesehatan saat ini, sebut Dante, sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan.

Enam pilar transformasi kesehatan tersebut adalah transformasi pelayanan primer, transformasi pelayanan rujukan, transformasi ketahanan kesehatan. Kemudian transformasi SDM kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan serta transformasi teknologi kesehatan.

“Salah satu wujud transformasi kesehatan adalah melalui pemberian apresiasi/penghargaan kepada para pemangku kepentingan yang berkomitmen untuk implementasi aksi dalam mewujudkan berbagai program kesehatan (termasuk program penyehatan lingkungan). Ini dalam rangka percepatan pencapaian indikator pembangunan bidang kesehatan dalam RPJMN dan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Kesehatan tahun 2020-2024,” sebut Wakil Menkes RI itu.

Diketahui, Pemberian Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan dalam rangka HKN (Hari Kesehatan Nasional) Tahun 2022 meliputi Provinsi dan kabupaten/kota yang berhasil dalam mewujudkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat (PBUS).Rumah Sakit yang mewujudkan lingkungan yang sehat dan Sentra Pangan Jajanan/Kantin yang Memenuhi Syarat Higiene Sanitasi.

Sementara itu, Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP Dr M Djamil Padang Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM MARS mengucapkan syukur atas torehan prestasi ini.

Torehan penghargaan ini juga berkat kerja keras tim kesehatan lingkungan RSUP Dr M Djamil yang dipimpin oleh Saswita Kemala Dewi SKM MKKK.

Ia menyebut, dalam dua tahun ini bisa merubah wajah RSUP Dr M Djamil sesuai dengan Permenkes No 7 tahun 2019 tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.

“Sekaligus juga persembahan Tim Kesling bertepatan dengan HUT ke-69 RSUP dr M Djamil pada 23 November,” ucap dr Dovy.

Penerapan kesehatan lingkungan rumah sakit ini mengacu pada Permenkes No 7 Tahun 2019. Ia mengatakan Ini sebagai upaya untuk mewujudkan kualitas kesehatan lingkungan rumah sakit sesuai standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan,dimana instalasi kesehatan lingkungan menjamin kualitas maupun kuantitas lingkungan, mulai dari air, udara, pengelolaan limbah, radiasi, gizi, laundry dan lain-lainnya.

RSUP dr M Djamil Padang, tegas Dovy, berkomitmen untuk menerapkan green hospital sebagai wujud dukungan atas inisiatif global untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan hidup di bidang kesehatan. Termasuk mengadvokasi kebijakan yang mendukung kesehatan lingkungan dan masyarakat.

“Konsep green hospital ini mengorientasikan rumah sakit sebagai bangunan yang berwawasan lingkungan dan jawaban atas tuntutan kebutuhan layanan dan pelayanan paripurna serta berbasis kenyamanan dan keamanan lingkungan,” tuturnya.

Diketahui, penghargaan penerapan kesehatan lingkungan ini mengacu ke pada penerapan Instrumen Kesehatan Lingkungan sesuai dengan Permenkes RI No 7 Tahun 2019.

Penilaian ini terdiri dari beberapa tahap mulai dari pengiriman dokumen IKL, dilanjutkan dengan penilaian video bukti penerapan IKL dan dilakukan verifikasi lapangan oleh tim kementerian kesehatan, dinas kesehatan kota padang dan dinas kesehatan provinsi ke rumah sakit. (RSMDJ/Khairian)

Agenda dan Kegiatan, Berita, Informasi Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WeCreativez WhatsApp Support
Layanan Informasi Djamil disini, silahkan ajukan pertanyaan anda.