Tim Mutu Dan Akreditasi Kemenkes RI, Movev Pelayanan RSUP Dr M Djamil

RSMDJ — Dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) pelayanan rumah sakit di era kebiasaan baru (Hospital Readiness), tim direktorat mutu dan akreditasi pelayanan kesehatan Kementerian Kesehatan RI kunjungi RSUP Dr M Dr M Djamil Padang, Selasa (7/9).

Kedatangan tim mutu dan akreditasi tersebut yakni dr Sunarto M.Kes dan Dra Nila Salihaty MARS di sambut langsung Direktutur Utama RSUP Dr M Djamil beserta Jajaran Direksi dan koordinitor dan sub koordinator di lingkungan RSUP Dr M Djamil Padang.

Kegiatan yang digelar secara luring dan daring, tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut turut dihadiri Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten se Sumbar, pimpinan rumah sakit se Sumatera Barat yang mengikuti secara webinar.

Mewakili Kepala Dinas, drg Busri selaku sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar mengatakan bahwa monev tersebut sangat penting dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit.

“Yang menjadi ujung tombak kami saat ini adalah RSUP Dr M Djamil, jika mutu dan layanan yang tidak sesuai tentu semua menjadi kacau, dan selama ini kami selalu melakukan koordinasi dalam rangka penganan covid-19, baik itu pendampingan, diskusi, serta pengelolaan sesuai stnadr,” terang drg Busri dalam sambutannya.

Pihaknya merasa bersyukur atas kontribusi yang diberikan RSUP DrM Djamil Padang khususnya bagi masyarakat Sumbar terutama dalam hal penanganan covid-19 saat ini.

“Alhamdulillah kami merasakan sekali kontribusi yang diberikan baik dalam itu covid maupun tidak , menjadi leader ketika bersama menghadapi pandemi ini dan tentu hal ini kami harapkan akan terus berlanjut,” tuturnya.

Diakuinya, dari 12 indikator yang menjadi monitoring dan evaluasi saat ini, pihak RSUP Dr M Djamil Padang sudah menyiapkan sedemikian rupa semenjak pandemi di Sumatera Barat.

“SDM nya luar biasa, semua bahu membahu, dan kami Dinas hampir belum pernah menerima keluhan berarti, tentu dengan adanya monev ini kita bisa melihat  dan adanya monev ini kita bisa melihat hasilnya, 12 indikator ini sudah dilakukan dan tentu ada plus dan minusnya,” ujar drg Busri sembari mengajak semua peserta terutama yang mengikuti secara webinar untuk siap dievaluasi.

Ia berharap melalui monev dapat melahirkan intervensi yang kuat semua itu tidak lepas dari upaya meningkatkan mutu dan pelayanan rumah sakit di Sumatera Barat.

Direktur Utama RSUP Dr M Djamil Padang Dr dr Yusirwan SpB, SpBA (K) MARS mengucapkan selamat datang kepada tim mutu dan akreditasi pelayanan kesehatan Kemenkes Ri Di RSUP Dr M Djamil Padang.

Ia menjelaskan semenjak memasuki masa pandemi pada Maret 2020 lalu, pihaknya telah melakukan banyak pembenahan untuk pelayanan kesehatan.

“Kami berbebenah dan itu tanpa mengesampingkan mutu pelayanan kesehatan, ini merupakan Asesmen bagi kami bukanlah sebuah penilaian, mana yang kurang akan kami tingkatkan,” terangnya.

Ia berharap dengan adanya kedatangan tim tersebut dapat melaksanakan dan meningkatkan apa-apa yang menjadi rekomendasi. Sehingga pihaknya bisa melaksanakan dan terus konsisten dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyrakat.

Sementara itu, dr Sunarto M Kes tim mutu dan akreditasi pelayanan kesehatan Kemenkes RI mengucapkan terimakasih atas sambutan yang diberikan. Pihaknya mengapresiasi Keharmonisan hubungan RSUP Dr M Djamil Padang dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

“Hospital Readiness itu adalah upaya untuk belajar dan terus belajar untuk pembenahan lebih baik, sehingga tidak perlu menunggu akreditasi dulu baru ada dorongan, terimakasih kepada RSUP Dr M Djamil Padang telah menerapkan standar pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” pujinya. (RSMDJ/Khairian)

Agenda dan Kegiatan, Berita, Informasi Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>