“World Hearing Day” Ayo Peduli Kesehatan Pendengaran

“To Hear for life, listen with care”.

RSMDJ — Dalam rangka memperingati Hari Pendengaran Sedunia 2022 (World Hearing Day) Bagian THT-KL RSUP Dr M Djamil Padang gelar serangkaian kegiatan.

Rangkaian kegiatan peringatan tersebut juga bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan Bedah Kepala Leher Indonesia (PERDAHI-KL) Cabang Sumatera Barat. Untuk tahun ini  World Hearing Day 2022 mengangkat tema “To Hear for life, listen with care”.

“Ya ini merupakan rangkain kegiatan peringatan hari pendengaran sedunia yang jatuh setiap 3 Maret,  banyak rangkaian kegiatan yang kita gelar, termasuk hari ini lomba edukasi melaui podcast,”ujar Dr dr Bestari Jaka Budiman, Sp.THT-KL (K) FICS KSM THT-KL RSUP Dr M Djamil, Rabu (30/3).

Diakuinya, permasalahan gangguan pendengaran merupakan masalah besar yang terjadi di Indonesia. Untuk itu pihaknya mengundang siswa sekolah, melakukan edukasi tentang permasalahan gangguan pendengaran.

“Kita mengundang sekolah di kota Padang, melakukan edukasi, aksi bersih telinga, dan hari ini kita melakukan edukasi secara nasional melalui podcast yang kita rekam dan ditayangkan di chanel Youtube kita dan siapa yang terbaik itulah menjadi pemenang,” terangnya.

Dr Bestari berharap bahwa kegiatan tersebut bukan hanya perlombaan, namun diharapkan para siswa mampu dan mengerti untuk peduli pendengaran sehingga dapat melakukan edukasi dilingkungan tentang pentingnya menjaga pendengaran.

Diungkapnnya, hampir 30 persen penduduk di Kota Padang mengalami gangguan pendengaran mulai ditingkat ringan sedang maupun berat. Hal itu dipicu dari gaya hidup yang tidak normal seperti mendengarkan music keras lebih dari 10 jam, penggunaan headset, infeksi dan factor pemicu lainnya.

“Untuk kami mengajak seluruh pihak untuk lebih peduli menjaga kesehatan pendengaran dan menghindari factor-faktor pemicu gangguan pendengaran tersebut,”tuturnya.

Annisa Khalifa, salah seorang siswa SMA 5 kota Padang mengaku sangat senang dengan gelaran kegiatan dan edukasi kesehatan pendengaran yang digelar. Menurutnya hal itu sangat penting mengingat banyak hal yang belum diketahuinya tentang factor-faktor penyebab gangguan pendengaran.

“Sangat senang dan sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman, semoga kita semua terjaga dan terbebas dari gangguan pendengaran,”cetus siswa kelas XI itu. (RSMDJ/Khairian)

Agenda dan Kegiatan, Berita, Informasi Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>