“Pencuri Penglihatan” Ayo Peduli Kesehatan Mata

Peringatan Hari Glaukoma Se-Dunia

RSMDJ — Dalam rangka memperingti Hari Glaukoma Se Dunia yang diperingati setiap tanggal 12 Maret, RSUP Dr M Djamil Padang gelar serangkian kegiatan peringatan “Pencuri Penglihatan” tersebut.

Kegiatan peringatan kerjasama KSM Bagian Mata RSUP Dr M Djamil, Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Sumatera Barat dan Fakultas Kedokteran prodi Mata Unand tersebut diselenggarakan mulai 6 Maret hingga 12 Maret atau yang disebut  World Glaucoma Week.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP Dr M Djamil Dr.dr Rose Dinda Martini, SpPD K-GER FINASIM serta dihadiri Direktur Utama Rumah Sakit Unand Dr.dr Yevri Zulfikar SpB, SpU, serta sejumlah dokter Mata dan para pengunjung.

“Gangguan penglihatan dan kebutaan masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua di dunia termasuk Indonesia. Seiring dengan meningkatnya usia harapan hidup jumlah kasus glaukoma diduga akan terus bertambah,”ujar Dr. dr Hidayat SpM (K) Kepala Staf Medis (KSM) Mata RSUP Dr M Djamil Padang dalam gelaran pembukaan kegiatan di Poliklinik rawat jalan RSUP Dr M Djamil Padang, Selasa (8/3).

Dijelaskannya, glaukoma adalah peningkatan tekanan intraokuler yang dapat menyebabkan degenerasi saraf optik atau kelainan dalam lapang pandang yang umumnya ditemukan pada usia di atas 40 tahun.”

“Glaukoma ini merupakan pencuri penglihatan kita, Apabila seseorang telah men derita kebutaan akibat glaukoma, tidak ada lagi penatalaksanaan yang dapat dilakukan untuk mengembalikan penglihatan orang tersebut.”sebutnya.

Menyikapi kondesi tersebut dan juga dalam rangka memperingati pekan hari Glaukoma tersebut KSM Mata tersebut mengajak semua pihak untuk melakukan deteksi dini dan melakukan penanganan yang tepat dapat mencegah terjadinya kebutaan permanen pada penderita glaukoma.

“Hari ini kita adakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, termasuk pemeriksaan gratis dan pembagian kacamata gratis, disamping itu pemeriksaan dini glau-koma dapat dilakukan melalui posyandu usia lanjut, puskesmas, rumah sakit dan sarana pelayanan kesehat an lainnya seperti Balai Kesehatan Mata Masyarakat,”tutur dr Hidayat.

Dalam kegiatan yang tetap menjaga protokol Kesehatan turut memberi sambutan Dekan Fakultas Kedokteran Unand, Dr. dr. Afriwardi, SH, Sp.KO, MA dan mengucapkan terimakasih atas terselengaranya kegiatan yang digelar di RSUP Dr M Djamil Padang tersebut.

Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang, Dr.dr Rose Dinda Martini, SpPD, K-GER, FINASIM dalam sambutan mengingatkan pentingnya menjaga penglihatan, mengingat mata merupakan indra karunia yang patut disyukuri.

“Tentu menjaga mata kita teramatlah penting, ini merupakan karunia-Nya, dan tentu melalui program peringatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada KSM Bagian Mata, PERDAMI dan FK Unand yang sudah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini,”katanya.

Sementara itu, pantauan di lokasi, terlihat antusias masyarakat dan pengunjung mendatangi tempat kegiatan dan melakukan pemeriksaan mata.

Untuk diketahui, Hari Glaukoma Sedunia dideklarasi kan oleh Organisasi Glaukoma Sedu nia pada tanggal 6 Maret 2008. Seluruh negara di dunia diminta untuk melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang glaukoma, dengan harapan akan membantu masyarakat yang mempunyai faktor risiko untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara teratur.

Hari Glaukoma Sedunia ini kemudian ditetapkan setiap tanggal 12 Maret. Tahun ini merupakan peringatan yang ketiga kali. Kegiatannya dilaksanakan selama sepekan sehingga disebut juga World Glaucoma Week. (RSMDJ/Khairian)

Agenda dan Kegiatan, Berita, Informasi Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>